KEUNGGULAN MENGGUNAKAN PANEL TENAGA SURYA

Panel surya atau sering disebut dengan sel surya adalah pembangkit listrik yang prinsip operasinya adalah mengubah cahaya matahari menjadi listrik.

Panel surya ini belum banyak digunakan karena efisiensinya yang rendah. Jika dibandingkan dengan sumber energi lain, panel surya ini membutuhkan biaya pemasangan yang sangat signifikan. Namun dengan teknologi canggih, sel surya bisa menjadi sumber energi alternatif di masa depan.

Saat ini tenaga surya Bali atau solar cell mulai banyak digunakan di berbagai bidang mulai dari mainan anak, handphone dan lampu lalu lintas hingga pembangkit listrik tenaga surya untuk area rumah/kantor. Bukan tidak mungkin di masa depan kita tidak akan menemukan tiang-tiang listrik yang berjejer dengan kabel-kabel yang menjuntai. Ada banyak kelebihan panel surya yang membuatnya semakin disukai banyak orang.

Serangkaian keunggulan panel surya yang harus Anda ketahui

Matahari adalah sumber energi yang tidak ada habisnya

Ini adalah keuntungan yang tak terbantahkan. Matahari adalah sumber energi yang sepenuhnya terbarukan. Ini dapat digunakan di semua wilayah di dunia dan tersedia setiap hari. Kita tidak bisa kehabisan energi matahari. Hal ini tentunya berbeda dengan beberapa sumber energi lainnya. Energi matahari akan selalu tersedia selama ada matahari di dunia ini. Menurut para ilmuwan, selama lima miliar tahun ke depan, Matahari akan tetap dapat diakses oleh semua makhluk di Bumi.

Tagihan listrik rendah

Karena Anda akan memenuhi kebutuhan listrik Anda dengan listrik yang dihasilkan dari matahari, tagihan listrik Anda pasti akan lebih rendah. Berapa persen Anda dapat menghemat tagihan, itu semua tergantung pada ukuran panel surya dan penggunaan listrik. Anda tidak hanya akan menghemat tagihan listrik Anda, tetapi Anda juga akan dibayar untuk energi ekstra yang dapat Anda ekspor ke jaringan. Jika Anda dapat menghasilkan lebih banyak listrik daripada yang Anda gunakan (sistem panel surya akan terhubung ke jaringan).

Berbagai kegunaan

Energi matahari dapat digunakan untuk banyak hal. Anda dapat menghasilkan listrik atau panas. Energi matahari dapat digunakan untuk menghasilkan listrik di daerah-daerah di mana jaringan listrik tidak tersedia, untuk memurnikan air di daerah-daerah dengan persediaan air bersih yang terbatas dan untuk mengoperasikan satelit di luar angkasa. Selain itu, energi matahari juga dapat dimasukkan ke dalam material yang akan digunakan untuk keperluan konstruksi.

Biaya perawatan termurah

Sistem panel surya biasanya tidak memerlukan banyak perawatan. Anda hanya perlu menjaganya agar tetap bersih sehingga cukup membersihkannya beberapa kali dalam setahun. Jika ragu, Anda dapat menghubungi layanan pembersihan khusus. Beberapa produsen panel surya menawarkan garansi hingga 20-25 tahun. Karena tidak ada bagian yang bergerak sehingga tidak ada keausan. Setelah 5-10 tahun, Anda mungkin hanya perlu mengganti inverter karena bagian inilah yang terus bekerja untuk mengubah energi matahari menjadi panas dan listrik.

Selain inverter, kabel juga memerlukan perawatan untuk memastikan sistem tenaga surya beroperasi dengan efisiensi maksimum. Jadi setelah menghabiskan banyak uang untuk memasang panel surya, Anda tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk perawatan atau perbaikan.

Ada banyak website yang jual panel surya secara online saat ini. Anda bisa menghubungi website yang jual panel surya untuk berkonsultasi atau mendapatkan info yang lebih lengkap tentang panel surya yang tepat untuk rumah atau tempat kerja anda.

KEUNGGULAN MENGGUNAKAN PANEL TENAGA SURYA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kembali ke Atas