APA ITU YASINAN DAN TAHLILAN?

Yasinan merupakan acara pembacaan surat Yasin yang biasanya juga dirangkai dengan tahlilan. Untuk kata tahlilan sendiri berasal dari kata kerja bahasa arab hallala – yuhallilu – tahliilan (هلل – لل – ليلا). Dan untuk makna kata hallala sendiri adalah membaca kalimat tauhid laa ilaaha illaAllah.

Kata tahlilan itu sendiri, ada yang mengatakan diambil dari pola mashdar dari kata hallala, yaitu tahlilan. Dan ada juga yang mengatakan bahwa akhiran “an” pada kata tahlil-an mengandung makna tradisi yang unik di Indonesia. Maka berdasarkan pendapat kedua ini, istilah tahlilan memiliki definisi tersendiri. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata tahlilan diartikan Pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur’an untuk memohon rahmat dan ampunan bagi arwah orang yang telah meninggal.

Maksud dari peringatan kematian pada hari ke-7, 40, 100, dan 1000 dari kematian almarhum adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh keluarga almarhum, baik terbatas pada keluarga atau dengan mengundang tetangga, dalam rangka melakukan ibadah yang mutlak seperti sedekah. dan tahlilan, yang pahalanya dimaksudkan untuk diberikan kepada orang yang meninggal. Dalam KBBI dijelaskan bahwa “kenduri-an” berarti, “perjamuan untuk memperingati peristiwa, meminta berkah, dan beberapa di antaranya.”

Biasanya tradisi ini diisi dengan pembacaan rangkaian bacaan ayat-ayat Al-Qur’an, doa, dan zikir yang disebut tahlilan. Kemudian ditutup dengan mauizah hasanah (nasihat) dan doa penutup. Biasanya orang-orang akan mencetak buku yasin dan tahlil untuk kelancaran acara ini. Jika anda mau mencetak buku yasin untuk acara ini, anda bisa menghubungi jasa cetak buku yasin. Saat ini sudah ada banyak percetakan yang menawarkan jasa cetak buku yasin secara online.

APA ITU YASINAN DAN TAHLILAN?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kembali ke Atas