Cara Memilih Mitra Logistik Terbaik

Memilih mitra logistik yang tepat bisa jadi sulit ketika Anda memiliki begitu banyak pilihan untuk dipilih. Ada berbagai penyedia logistik, dari pengirim barang kecil hingga konsolidator barang besar. Beberapa terkenal dan beberapa mungkin belum pernah Anda dengar sebelumnya. Penting untuk melakukan riset dan memastikan Anda memahami cara kerja setiap jenis penyedia logistik.

Dengan cara ini, Anda dapat yakin bahwa mitra logistik yang dipilih perusahaan Anda adalah pasangan yang cocok. Bagaimanapun, kesuksesan Anda bergantung pada kemampuan mereka untuk memberikan layanan yang dapat diandalkan yang akan menghasilkan pelanggan yang bahagia. Tetapi tidak selalu mudah untuk menemukan mitra tepercaya. Ini tidak sesederhana mencari opsi termurah. Berikut adalah 4 langkah untuk membantu memilih penyedia logistik yang tepat untuk bisnis Anda.

1: Pahami cara kerja pengiriman kargo

Pengiriman kargo biasanya merupakan paket yang sangat kecil yang memiliki nilai terbatas. Nilai parsel ini harus dipahami dengan jelas oleh klien dan dinilai dengan benar sebelum pekerjaan dimulai. Klien mungkin ingin mengetahui berat dan volume pengiriman, serta waktu pengiriman yang diharapkan. Pemahaman yang baik tentang detail ini dapat menghemat waktu dan uang untuk Anda dan klien Anda jika masalah muncul selama pengiriman. Prosedur pengiriman barang biasanya sama, yaitu sebagai berikut:

1.Mengumpulkan informasi tentang pengiriman
2.Memilih Metode Pengiriman yang Paling Tepat
3.Pengiriman kemasan
4.Label Pengiriman Anda
5.Siapkan Bill of Lading
6.Memilih Pengangkut Barang

2: Temukan keuntungan individu dari angkutan udara, laut, dan truk

Freight forwarder mengkhususkan diri dalam memindahkan barang-barang tertentu di seluruh negara atau wilayah. Mereka dikontrak oleh pemasok yang memiliki kebutuhan dan persyaratan khusus untuk setiap pengiriman. Memahami pedoman khusus setiap perusahaan membantu Anda memilih mitra yang tepat untuk menangani langkah spesifik Anda. Eksportir memiliki kebutuhan yang sama dalam hal penyimpanan dan penanganan persediaan. Memahami kebutuhan Anda sendiri dan kebutuhan perusahaan Anda terbayar dengan biaya pengiriman yang lebih rendah selama masa pengiriman.

3: Buat daftar apa yang Anda ingin penyedia layanan logistik lakukan untuk Anda

Sebagian besar layanan pemenuhan optimal dilakukan oleh pedagang sendiri. Namun, jika Anda menjalankan bisnis yang sibuk atau Anda kekurangan waktu, mungkin ada baiknya Anda mencari penyedia layanan logistik yang hebat. Mungkin sulit untuk memilih salah satu yang akan menambah nilai paling bagi Anda dan klien Anda.

Saat memilih penyedia layanan logistik, Anda tidak mempekerjakan seseorang untuk melakukan pengiriman sesekali. Alih-alih, Anda mengalihdayakan seluruh proses pemenuhan – jadi tidak perlu dikatakan lagi bahwa setiap bisnis berbeda. Langkah pertama untuk memilih penyedia layanan logistik yang tepat adalah memutuskan apa yang sebenarnya Anda butuhkan. Jika Anda seperti kebanyakan bisnis yang mencari penyedia layanan logistik, Anda mungkin memiliki gagasan yang kabur tentang beberapa hal yang Anda ingin mereka lakukan untuk bisnis Anda. Baik itu memenuhi pesanan, mengantarkan paket, atau mengemas dan mengirimkan produk, ada banyak hal yang sebenarnya tidak Anda ketahui dan perlu pelajari.

4: Tinjau penyedia layanan yang Anda pilih berdasarkan daftar periksa Anda

Saat memilih penyedia layanan logistik untuk meningkatkan rantai pasokan bisnis Anda, Anda harus mempertimbangkan layanan yang ditawarkan penyedia dan bagaimana mereka akan memenuhi kebutuhan perusahaan Anda. Penting untuk memilih penyedia yang memenuhi kebutuhan Anda. Jika tidak, akan ada penurunan produktivitas dalam rantai pasokan Anda. Dengan mempersempit daftar penyedia potensial berdasarkan layanan dan biaya mereka, Anda dapat mengevaluasi penyedia mana yang paling sesuai dengan bisnis Anda.

Cara Memilih Mitra Logistik Terbaik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kembali ke Atas