Jenis-Jenis dari Paket Web Hosting

Artikel ini ditujukan agar anda dapat memahami sistem dasar dari website. Bagaimana website itu bisa ada dan bagaimana website itu ditampilkan secara online tidak hanya di Indonesia tapi ke seluruh dunia. Jadi bagi Anda yang berminat untuk mengembangkan website anda sendiri, maka ada baiknya anda meluangkan waktu untuk membaca artikel ini.

Berikut adalah komponen-komponen website:
1. Domain
Domain merupakan alamat website yang dapat digunakan untuk mengakses sebuah website dengan cara memasukkannya ke dalam mesin pencari atau Browser di perangkat Anda yang terkoneksi dengan internet. Kebanyakan orang mengenal .com sebagai ekstensi dari domain, tetapi sebenarnya ada banyak jenis ekstensi domain seperti .org, .net, .biz dan lain-lain. Jika anda berada di Indonesia maka anda dapat menggunakan ekstensi domain .id. Anda dapat menyewa nama domain minimal 1 tahun. Harga domain bisa sangat bervariasi mulai dari puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah tergantung dari jenis ekstensi domain yang anda pilih. Di dunia sewa domain, terdapat aturan “siapa cepat, dia dapat”, hal ini berarti Anda tidak bisa lagi menggunakan domain yang sama yang telah di sewa oleh pihak lain. Hal ini mengakibatkan banyaknya pengusaha domain yang yang mengambil domain-domain yang diperkirakan banyak peminatnya dan menjualnya kembali dengan harga yang mahal. Anda dapat mengecek ketersediaan domain melalui website website yang menyediakan jasa layanan web hosting murah. Setelah Anda membeli domain maka anda harus menunggu sekitar 1×24 jam hingga domain anda aktif.

2. Hosting
Jasa web hosting merupakan jasa penyimpanan data-data website. Dengan web hosting data Anda disimpan, di onlinekan dan dikelola oleh pengelola tersebut. Web hosting sendiri memiliki banyak jenis. Tipe-tipe web hosting dibedakan berdasarkan kapasitas diks, data transfer bulanan serta fitur-fitur yang melekat pada jasa web hosting tersebut. Harga dari tipe-tipe web hosting ini pun berbeda-beda, semakin kecil besar kapasitas disk dan Bandwidth yang ditawarkan maka harganya pun akan semakin murah dan begitu pula sebaliknya. Jasa web hosting dapat anda sewa mulai dari bulanan hingga tahunan. Setelah anda melakukan pembayaran terhadap hosting anda maka hosting anda akan diaktifkan paling lambat 1×24 jam. Di Indonesia sendiri telah terdapat banyak penyedia jasa web hosting dan anda dapat mencarinya melalui mesin pencari.

3. Server
Server adalah tempat hosting menyimpan data-datanya. Server sebenarnya mirip dengan komputer ataupun laptop yang sering kita gunakan namun dengan kapasitas dan performa yang jauh lebih besar. Server inilah yang bertugas menyimpan data dan meng onlinekannya saat menerima permintaan dari mesin pencari. Saat seSEOrang menginput alamat suatu website di mesin pencari, mesin pencari tersebut akan mengirimkan permintaan ke server yang menghosting website tersebut dan server tersebut akan mengirimkan data data yang dibutuhkan untuk ditampilkan di layar mesin pencari.

4. Data center
Data Center merupakan tempat dimana server jelas akan bersama-sama dan di online kan ke seluruh dunia. Data Center harus dilengkapi fasilitas fasilitas yang baik seperti pendingin udara untuk memastikan server tidak kepanasan karena harus selalu berjalan 1x 24 jam setiap saat. Server harus dapat berjalan setiap saat agar data website-website yang tersimpan di dalamnya dapat selalu diakses setiap saat. Data Center juga harus selalu dijaga keamanan nya agar tidak sembarangan orang yang dapat masuk dan menyebutkan server yang ada di dalamnya.

Jenis-Jenis dari Paket Web Hosting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kembali ke Atas