Optimasi SEO On-page dan Off-page

Kita seringkali mendengarkan di sosial media orang membanggakan bahwa mereka sudah tidak memerlukan backlink untuk ranking. Apakah benar backlink sudah tidak ada gunanya? Apakah benar kita bisa ranking tanpa backlink?

Untuk mencari tahu masalah ini kami harus menganalisa begitu banyak website dan kami sampai pada kesimpulan bahwa benar ada beberapa website yang bisa ranking tanpa backlink atau dengan sedikit backlink, tapi…… bobot on-page dari website itu juga harus sangat berat.

Apa yang dimaksud dengan bobot on-page dari website itu sangat berat?

Optimasi SEO On-page untuk Ranking Di Google

Jelas Google akan selalu membuat standar tingkat kesulitan untuk menyaring website. Jika tidak maka akan ada banyak sekali website yang harus ranking di saat bersamaan. Jadi untuk bisa ranking kita harus unggul baik secara off-page maupun on-page.

Jadi apa yang perlu kita lakukan agar kita bisa unggul secara on-page?

Pertama; Konten Harus Berkualitas!

Yang dimaksud dengan konten berkualitas adalah website anda bisa menyediakan apa yang dibutuhkan oleh pengunjung anda. Jadi website anda harus mengutamakan “search intent” dari pengguna Google. Kegagalan memenuhi keinginan dari pengunjung akan menimbulkan user experience yang buruk yang akan membuat ranking anda akan semakin merosot.

Google saat ini cukup bisa mengenali konten yang berkualitas dengan melihat reaksi dari pengunjung yang datang ke halaman website anda.

Rekomendasi saya. Jika anda benar-benar ingin menguasai suatu kata kunci, maka anda harus menginvestasikan waktu anda untuk membuat artikel andalan anda ini. Anda bisa menghabiskan 3 hari sampai 5 hari hanya untuk membuat artikel andalan anda ini.

Masukkan semua solusi yang tersedia ke dalam artikel anda, dan cari tahu apa saja informasi yang dibutuhkan oleh orang-orang tentang hal tersebut.

Website Harus Kencang

Kalau anda mau pengunjung anda betah, maka website anda harus kencang. Sudah banyak saya lihat website yang rankingnya jatuh hanya karena websitenya sangat lambat jika dibuka. Sangat fatal untuk optimasi anda jika pengunjung kabur sebelum halaman website anda terbuka. Ini akan terus menurunkan peringkat anda.

Untuk mengukur seberapa kencang website anda, maka anda bisa menggunakan alat dari webpagetest.org. Alat ini bisa memberikan data kecepatan website dari sisi pengguna untuk melihat apakah pengguna website cukup nyaman dengan website anda…

Frekuensi Update Harus Lebih Baik Dari Pesaing

Kalau ternyata anda berusaha membuat website baru dan ingin menyaingi website lama, tapi konten mereka terlanjur banyak; maka tentunya anda akan sangat kesulitan meninggalkan selisih konten yang sudah terlanjur sangat banyak ini. Hal yang bisa anda usahakan hanya frekuensi update yang lebih kencang dari pesaing anda.

Setidaknya dengan melakukan ini Google akan melirik anda sebagai sumber referensi baru yang lebih serius dalam menghidangkan informasi-informasi terbaru dari pesaing-pesaing yang sudah lebih dulu ada.

Jika anda bisa melakukan ketiga hal di atas maka biasanya itu sudah akan sangat membantu website anda untuk bisa naik peringkat dengan cepat di era persaingan yang sangat berat saat ini.

 

Optimasi SEO Off-page

Ini adalah optimasi yang sangat sulit, karena anda berusaha mendapatkan rujukan dari orang-orang menuju website anda. Semakin banyak rujukan yang anda dapatkan maka akan semakin berotoritas website anda. Di dalam dunia SEO rujukan ini dikenal sebagai BACKLINK.

Bukan hal yang mudah untuk membuat website anda mendapatkan rujukan. Biasanya anda harus berusaha cukup keras membuat konten yang berkualitas dan mempromosikan tulisan itu barulah anda bisa mendapatkan rujukan. Sayangnya tidak jarang juga bukan rujukan yang anda dapatkan, malah tulisan yang anda buat dengan susah payah itu dicopypaste oleh orang-orang yang malas membuat konten sendiri.

Ini yang membuat banyak orang yang suka melakukan metode black hat untuk mendapatkan backlink mereka. Metode black hat biasanya lebih cepat memperlihatkan hasil dan juga lebih murah. Hanya saja mesin pencari seperti Google tidak suka, jadi resiko untuk anda jika mesin pencari Google justru memberi penalti untuk website anda.

Saran saya lebih baik anda menggunakan jasa backlink, karena dengan harga Rp.500.000 atau Rp.1.000.000 anda sudah bisa mendapatkan banyak sekali backlink yang berkualitas, dan pengerjaannya pun dilakukan oleh mereka yang sudah berpengalaman. Sangat penting bagi anda mencari layanan jasa backlink yang bisa mengerjakan backlink anda dengan aman.

Bagi banyak orang biaya 500 ribu atau 1 juta rupiah ini terasa mahal. Tapi anda akan bisa sangat menghemat waktu anda dan waktu yang dihemat ini bisa anda pergunakan untuk mencari penghasilan yang lebih besar lagi dari biaya backlink tadi.

Saya pernah menggunakan layanan jasa backlink dari kepointernet dan juga layanan jasa backlink dari banyumedia. Dan saya puas dengan hasil-hasil pemasangan backlink ini. Jadi anda bisa mencoba apakah anda mau menggunakan layanan jasa backlink atau mau usaha sendiri mencari backlink.

Kurang lebih ini adalah metode-metode yang bisa anda gunakan untuk menaikkan peringkat website anda dengan menggunakan SEO on-page dan off-page. Mudah-mudahan panduan singkat ini bisa memberikan anda gambaran optimasi apa yang sesuai untuk anda lakukan.

 

Optimasi SEO On-page dan Off-page

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kembali ke Atas