Begini Cara Memilih Asuransi Jiwa

Pada umumnya masyarakat belum mengetahui dan memahami tentang asuransi jiwa, apakah perlu dan bagaimana memilih produk asuransi jiwa yang paling sesuai dengan kebutuhannya.

Asuransi jiwa adalah asuransi yang memberikan jaminan sejumlah uang kepada keluarga atau ahli waris karena nasabah meninggalkan dunia akibat kecelakaan atau risiko kecelakaan.

Asuransi jiwa bertujuan untuk menanggung kerugian keuangan keluarga yang ditinggal klien karena meninggal dunia karena hal atau resiko yang tidak diinginkan. Asuransi jiwa memberikan uang kepada ahli waris sesuai kesepakatan dalam polis. Anda dapat menggunakan uang ini untuk kebutuhan sehari-hari.

Asuransi jiwa ibarat payung di rumah, jas hujan di motor, jaket pelampung di kapal. Karena berguna di saat-saat tertentu namun sering terlupa saat keadaan aman. Jadi asuransi jiwa mutlak diperlukan untuk resiko yang tidak diinginkan di kemudian hari, lalu bagaimana cara memilih asuransi jiwa?

1. Pilih perusahaan asuransi dengan kondisi keuangan yang sehat

Untuk mengetahui kesehatan suatu perusahaan asuransi dapat diukur dari risk based capital (RBC), yang secara sederhana berarti rasio total aset perusahaan dibandingkan dengan risiko klaimnya. Pemerintah memberikan standar 120% untuk modal berbasis risiko (RBC). Semakin tinggi RBC perusahaan asuransi, semakin sehat perusahaan tersebut.

2. Belilah asuransi saat Anda dalam keadaan sehat

Saat kondisi kesehatan Anda normal atau sehat maka inilah saat yang tepat bagi Anda untuk membeli asuransi karena premi yang dibayarkan akan lebih minim dibandingkan dengan membeli saat Anda sakit. Sekalipun Anda membeli dalam kondisi tidak sehat, perusahaan asuransi akan menolak jika tidak memenuhi persyaratan.

3. Pilih asuransi sesuai kebutuhan

Pilih produk asuransi sesuai dengan kebutuhan Anda, misalnya: asuransi dana pensiun, asuransi rumah atau asuransi kesehatan, baca syarat dan ketentuan yang terdapat dalam polis asuransi dengan detail.

4. Cari tahu melalui teman dan kerabat

Anda juga bisa meminta asuransi kepada teman atau kerabat yang telah membeli asuransi tersebut. Sehingga Anda mendapatkan informasi nanti untuk klaim atau fasilitas lainnya.

5. Selektif dalam memilih produk asuransi

Perusahaan asuransi bukan satu, dua, tapi ada puluhan. Untuk itu, Anda perlu lebih cermat dalam memilih perusahaan asuransi dengan cara membandingkan produk asuransi perusahaan A, B, C dengan D, E, F hingga Anda menemukan produk yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

6. Konsultasikan dengan agen asuransi

Jika Anda sudah memiliki gambaran awal tentang produk asuransi, Anda juga dapat berkonsultasi dengan agen asuransi Anda untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap dan menyeluruh.

7. Baca dengan cermat dan detail polis asuransi

Setelah Anda memutuskan untuk membeli asuransi, periksa dulu polis asuransinya. Baca polis asuransi dengan baik dan cermat dan pastikan isi polis asuransi sesuai dengan keinginan Anda.

Gunakan logika anda dan bukannya menggunakan perasaan. Jangan memilih produk asuransi karena agennya adalah teman atau kerabat Anda. Namun pilihlah produk asuransi berdasarkan kriteria di atas.

Begini Cara Memilih Asuransi Jiwa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas