Pilih Jembatan Timbang Dek Beton Atau Baja?

Jembatan timbang tersedia dengan dek beton atau baja dan dapat dipasang di lubang atau dipasang di permukaan. Setiap jenis memiliki kelebihan dan kekurangan, dan pilihan ideal untuk fasilitas Anda pada akhirnya akan bergantung pada kebutuhan spesifik Anda.

Teruslah membaca untuk mengetahui rincian pro dan kontra dari setiap bahan jembatan timbang untuk membantu menentukan apakah timbangan truk baja atau beton paling sesuai untuk bisnis Anda.
Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memasang jembatan timbang?

Salah satu perbedaan paling signifikan antara timbangan truk dek beton dan baja adalah waktu pemasangan.

Timbangan truk dek baja biasanya dapat dipasang dan dikalibrasi hanya dalam satu hari. Setelah diproduksi di luar lokasi, timbangan hanya perlu diangkut ke lokasi timbangan, dipasang di tempatnya, dan dikalibrasi untuk persiapan penggunaan.

Dek beton, di sisi lain, membutuhkan waktu sekitar satu bulan untuk pemasangan dan kalibrasi lengkap. Setelah pemasangan, beton yang dituangkan harus dibiarkan mengering selama 3-4 minggu sebelum timbangan dapat dikalibrasi.

Penuangan beton, yang biasanya dilakukan oleh kontraktor pihak ketiga, juga dapat menambah biaya dan koordinasi untuk pemasangan jembatan timbang truk.

Jika Anda berada dalam krisis waktu untuk memasang timbangan baru atau tidak dapat mengakomodasi proses pemasangan yang berlarut-larut, jembatan timbang baja mungkin merupakan pilihan terbaik Anda dibandingkan dengan jembatan timbang beton.
Faktor apa yang mempengaruhi harga jembatan timbang untuk truk?

Pada akhirnya, tidak ada perbedaan yang signifikan dalam harga beli antara jembatan timbang baja dan beton. Meskipun ada banyak faktor lain yang ikut berperan dalam menentukan harga akhir timbangan, bahan itu sendiri umumnya tidak memiliki dampak yang mencolok.

Salah satu pertimbangan, bagaimanapun, adalah nilai jual kembali. Timbangan truk dek baja jauh lebih ringan dan lebih mudah dipindahkan daripada timbangan beton. Hal ini dapat membantu penjualan timbangan truk baja dengan nilai yang lebih tinggi di masa mendatang, atau setidaknya membuat proses penjualan dan pemindahan timbangan menjadi lebih mudah.
rok samping untuk skala

Timbangan truk dek baja dapat dipasang dan dikalibrasi dalam satu hari, memiliki nilai jual kembali yang lebih tinggi dan lebih mudah dipindahkan.
Cuaca dan Traksi

Traksi harus menjadi pertimbangan saat memilih material jembatan timbang Anda. Sejauh kendaraan yang bersangkutan, tidak ada perbedaan yang signifikan dalam traksi antara baja dan beton. Dek baja dibangun dengan tapak di permukaan, memberikan traksi yang mirip dengan beton untuk ban.

Namun, bagi orang-orang, traksi adalah cerita yang sedikit berbeda. Bahkan dengan tapak, beton cenderung menawarkan traksi yang lebih baik bagi siapa saja yang perlu berjalan melintasi dek timbangan.

Jika Anda tinggal di daerah yang mengalami banyak cuaca basah, bersalju, atau dingin, dek beton mungkin merupakan pilihan terbaik untuk memastikan keamanan operasi timbangan Anda.
Berapa lama timbangan truk bertahan?

Umur timbangan Anda merupakan pertimbangan penting, baik untuk operasi Anda maupun saat menghitung ROI jangka panjang timbangan truk Anda. Pemeliharaan memainkan peran penting dalam menentukan masa pakai timbangan truk, tetapi material jembatan timbang juga berpengaruh.

Dek beton secara signifikan lebih berat daripada baja, yang meningkatkan distribusi beban dan kemampuan untuk menahan gaya dan tekanan truk berat dan pergerakannya. Akibatnya, timbangan truk dek beton umumnya memiliki umur 5-7 tahun lebih lama daripada timbangan baja.
skala tanpa lubang dek beton

Timbangan truk beton menawarkan traksi yang lebih baik dalam kondisi basah atau dingin dan memiliki masa pakai yang biasanya 5-7 tahun lebih lama daripada baja.
Portabilitas

Ada perbedaan yang signifikan dalam portabilitas antara timbangan truk beton dan baja. Tergantung pada kebutuhan Anda, ini bisa memainkan peran penting dalam pengambilan keputusan Anda.

Timbangan truk beton dapat menimbang sebanyak empat kali lebih berat daripada timbangan baja. Ini membuat mereka jauh lebih sulit dan mahal untuk dipindahkan, baik itu ke lokasi baru di dalam fasilitas Anda, untuk dijual kembali di masa mendatang atau untuk penghapusan di akhir masa pakainya.

Timbangan truk dek baja lebih ringan dan membuat proses relokasi menjadi lebih mudah. Jika Anda ingin sering memindahkan timbangan, Anda harus secara khusus melihat pemasangan timbangan truk portabel. Jika Anda hanya mencari fleksibilitas jangka panjang dalam hal lokasi skala, dek baja mungkin merupakan bahan terbaik.
Korosi

Tergantung pada lingkungan Anda, timbangan truk Anda mungkin terkena bahan korosif. Tidak ada jawaban langsung untuk ini, karena baja dapat menahan bahan korosif tertentu, sementara beton lebih cocok untuk yang lain.

Hal terbaik yang bisa anda lakukan adalah berbicara dengan ahli timbangan truk yang dapat membuat rekomendasi material jembatan timbang truk disesuaikan dengan lingkungan spesifik Anda.

Pilih Jembatan Timbang Dek Beton Atau Baja?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kembali ke Atas