Seberapa Ekonomis Menggunakan Panel Tenaga Surya Untuk Rumah Anda?

Ada banyak sekali orang yang ingin sekali menggunakan panel tenaga surya di rumah mereka. Terlebih karena panel tenaga surya ini yang mempunyai tingkat kehandalan yang sangat tinggi selama matahari bersinar.

Namun cukup banyak juga orang yang bahkan merasa kuatir karena tidak mengetahui harga dari biaya pemasangan panel tenaga surya ini. Untuk pemasangan panel tenaga surya biasanya akan memerlukan biaya sekitar 30 jutaan untuk pemasangan listrik 2000 watt.

Harga ini juga sudah termasuk dengan biaya yang harus dikeluarkan untuk membayar teknisi yang melakukan pemasangan panel tenaga surya. Jadi anda bisa melakukan penghematan jika anda melakukan sendiri pemasangan panel tenaga surya ini.

Tapi pastikan anda benar-benar sudah memahami aturan dan cara pemasangannya agar anda bisa mendapatkan hasil yang optimal. Seandainya anda menggunakan jasa tukang pasang panel surya maka mungkin anda harus mengeluarkan biaya 30 juta untuk mendapatkan listrik 2000 watt.

Biasanya mereka yang mengadakan listrik 2000 watt akan mempunyai bagian listrik di kisaran rp900.000 per bulannya. Jadi jika anda bisa menghemat tagihan listrik ini maka mungkin panel tenaga surya anda akan balik modal dalam tiga hingga empat tahun.

Disinilah bapak nilai ekonomis dari penggunaan panel tenaga surya karena panel tenaga surya ini bisa bertahan hingga kitaran 25 tahun. Jadi itu sama saja anda akan mendapatkan sekitar 20 tahun listrik gratis. Bahkan untuk perawatan panel tenaga surya ini pun sangatlah mudah.

Anda hanya perlu melakukan pembersihan panel tenaga surya ini setiap enam bulan sekali. Jadi ini adalah benar-benar sumber listrik yang murah dan minim perawatan. Bayangkan jika anda harus menggunakan genset untuk memenuhi kebutuhan listrik anda. Anda harus selalu bolak-balik untuk membeli bahan bakar yang digunakan untuk menyalakan genset di rumah. Selain itu genset juga akan menimbulkan kebisingan pada saat jam istirahat.

Mungkin anda ingin menyalakan ac saat sedang tidur siang. Namun bunyi genset justru mengganggu kenyamanan tidur anda. Dan genset pun akan cepat mengalami kerusakan jika selalu diaktifkan sepanjang hari. Jadi genset akan mempunyai biaya maintenance yang lebih mahal dibandingkan penggunaan solar cell. Sampai disini kita bisa melihat bahwa salat sel adalah pilihan alternatif listrik yang paling murah untuk penggunaan jangka panjang.

Jadi sekarang tinggal tergantung pada keberanian anda melakukan investasi untuk membeli panel tenaga surya ini. Kedepannya pemeran panel tenaga surya mungkin akan menghasilkan nilai ekonomi yang jauh lebih murah dibandingkan penggunaan listrik PLN.

Karena saat ini harga panel surya sudah lebih murah 33% dibandingkan 10 tahun yang lalu. Sedangkan tdl justru mengalami kenaikan. Jadi dalam 10 tahun kedepan bisa saja nilai ekonomis dari panel tenaga surya ini sudah lebih murah dibandingkan penggunaan listrik PLN.

Tapi anda juga perlu untuk teliti pada saat membeli panel tenaga surya ini. Karena di luar sana ada banyak sekali merk panel tenaga surya dengan kualitas yang beragam. Sangat direkomendasikan agar anda mencari ulasan untuk panel tenaga surya yang akan anda beli. Hal ini sangat penting karena daya tahan dari suatu panel tenaga surya sangat bergantung dari bahan yang digunakan untuk pembuatan panel tersebut.

Seberapa Ekonomis Menggunakan Panel Tenaga Surya Untuk Rumah Anda?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kembali ke Atas