Cara Menyelesaikan Masalah Di Dalam Hidup

Pernahkah Anda menganggap diri Anda memiliki kemampuan menyelesaikan masalah yang baik? Banyak dari kita yang merasa kurang percaya diri terkait kemampuan yang satu ini. Namun kenyataannya, kita secara terus menerus memecahkan masalah setiap harinya, dan semakin baik keterampilan pemecahan masalah kita, maka semakin mudah pula hidup kita.

Anda tidak harus menjadi sangat pintar untuk bisa menyelesaikan masalah, Anda hanya perlu latihan.

  1. Definisikan masalah dengan menanyakan “Kenapa?” – “Kenapa?” merupakan pertanyaan dalam cara menyelesaikan masalah yang dapat membantu Anda mencapai akar masalah. Contohnya:
  2. Kenapa saya terlambat kerja? – Karena saya selalu mematikan alarm dan tidur kembali
  3. Mengapa saya sulit bangun? – Karena saya merasa sangat lelah di pagi hari.
  4. Mengapa saya merasa sangat lelah di pagi hari? – Karena saya tidur terlambat
  5. Kenapa saya tidur terlambat? – Karena saya suka bermain hp dan tidak dapat berhenti
  6. Fokuslah pada solusinya dan bukan masalahnya – Ahli saraf telah membuktikan bahwa otak Anda tidak dapat memikirkan solusi jika Anda berfokus pada masalah, karena setiap kali Anda berfokus pada masalah, Anda secara aktif memberi makan “hal-hal negatif” kepada diri anda sendiri yang pada akhirnya dapat mengaktifkan emosi negatif di otak anda dan potensi otak anda untuk berpikir dengan baik untuk menemukan solusi yang anda butuhkan.
  7. Sederhanakan masalah – Sebagai manusia, kita memiliki kecenderungan untuk membuat segala sesuatunya nampak lebih rumit dari yang seharusnya! Cobalah untuk menyederhanakan masalah Anda dengan menggeneralisasikannya. Hilangkan semua detail dan kembalilah ke dasar. Cobalah untuk menemukan solusi yang sangat mudah dan bersifat langsung – Anda mungkin akan terkejut dengan hasilnya! Terkadang, hal-hal yang sederhana justru seringkali menjadi solusi yang paling produktif.
  8. Buatlah daftar solusi sebanyak mungkin – Cobalah untuk menemukan semua solusi yang dapat dilakukan, meskipun solusi tersebut terasa konyol. Sangatlah penting untuk memiliki pola pikir yang terbuka untuk mendorong pemikiran yang kreatif, yang dapat menuntun anda pada solusi yang potensial. Tanamkan dalam diri anda bahwa “Tidak ada ide yang buruk”, ini membantu anda untuk memiliki pemikiran yang kreatif dalam proses brainstorming untuk menyelesaikan masalah.
  9. Berpikir kreatif – Anda tidak dapat memperoleh hasil yang berbeda dengan melakukan hal yang sama. Cobalah untuk mengubah pendekatan Anda dan lihat berbagai hal dengan cara yang baru.

Gunakan bahasa positif yang menciptakan potensi – Tuntun pola pikir Anda dengan frasa seperti “bagaimana jika…” atau “bayangkan jika…” Frasa ini dapat membantu kita membuka pikiran untuk berpikir kreatif dan mendapatkan solusi. Hindari bahasa negatif seperti “Saya tidak berpikir …” atau “Itu tidak benar …” dan lain sebagainya.

Cara Menyelesaikan Masalah Di Dalam Hidup

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kembali ke Atas