WAKTU YANG TEPAT MENGUNJUNGI KARIMUNJAWA

Karimunjawa adalah sebuah kepulauan yang terdiri atas 27 pulau. Karimun Jawa memang telah menjadi salah satu destinasi wisata populer di kalangan pecinta wisata bahari namun tidak jarang orang yang masih belum mengenal dan mengetahui lokasi dari Karimunjawa ini.

Karimunjawa adalah sebuah kepulauan yang terletak di Kabupaten Jepara – Jawa Tengah, tepatnya di Laut Jawa, 80km dari Utara Jepara. Saat anda tiba, anda akan segera dibuat takjub oleh keindahan perairan laut Jawa yang banyak disebut sebagai The Carribbean of Java karena airnya yang jernih, pasir yang putih dan keindahan alamnya yang eksotis.

Jika anda memutuskan untuk mengunjungi kepulauan Karimunjawa ini, maka sebaiknya anda menggunakan paket wisata Karimunjawa agar anda tidak perlu lagi dipusingkan dengan detil-detil perjalanan wisata.

Paket wisata Karimunjawa terbaik telah dirancang sedemikian rupa untuk menjamin kepuasan anda saat berwisata di Karimunjawa. Dengan menggunakan paket wisata Karimunjawa, anda tidak perlu lagi repot-repot mencari informasi penginapan, informasi jadwal penyeberangan kapal, mencari tiket kapal untuk menyeberang dan masih banyak lagi kelebihan lainnya.

Namun sebelum mengunjunggi Karimunjawa menggunakan ragam jenis paket wisata yang ditawarkan, anda harus mengetahui hal-hal berikut ini:

  1. Waktu terbaik mengunjungi Karimunjawa adalah pada bulan April – November. Pada kisaran waktu inilah cuaca langit secara konsisten cerah dan kadang sedikit berawan. Diluar waktu ini, cuaca biasanya akan kurang sedikit bersahabat dengan para wisatawan. Walaupun demikian, cuaca memang sulit diprediksi jadi anda dapat mengecek ramalan cuaca atau pun menghubungi langsung penyedia paket wisata Karimunjawa untuk menanyakan kondisi cuaca belakangan ini di Karimunjawa.

    Kepualauan Karimunjawa mengenal musim angin timur dan barat yang sangat mempengaruhi rute wisata di Karimunjawa dan juga menentukan spot Snorkeling atau Diving yang aman. Waktu terbaik untuk berlibur di Karimunjawa adalah saat musim angin barat yang biasanya berhembus di bulan- April hingga Juni. Saat musim angin barat, anda dapat mengunjungi spot-spot wisata terbaik di Karimunjawa seperti Pulau Kecil, Pulau Sintok dan Pulau Tengah.

    Namun jangan khawatir, anda juga tetap dapat mengunjungi kepulauan Karimunjawa dimusim angin timur. Waktu terbaik mengunjungi Karimunjawa di musim angin timur adalah pada bulan September, Oktober dan November. Pada kisaran waktu ini, anda dapat mengunjungi spot-spot wisata seperti pulau Cemara kecil/besar. pulau Menjangan Kecil dan Pulau Geleang.

  2. Ketahuilah jadwal kapal. Penentuan tanggal yang tepat sangat penting sebab pemilihan tanggal anda akan sangat mempengaruhi jenis kendaraan dan waktu tempuh anda untuk menyeberang ke Karimunjawa. Jika anda berencana berangkat dari Semarang, maka sebaiknya anda berangkat pada hari Sabtu atau Kamis karena hanya ada 1 kapal (KMC Kartini) yang yang melayani rute Semarang – Karimunjawa, dan kapal tersebut hanya berangkat pada hari Sabtu dan Kamis.

    Anda juga dapat berangkat menggunakan pesawat cesna yang berangkat dari Semarang di hari Kamis dan Jumat. Namun jika terjadi pembatalan penerbangan, jangan khawatir, anda tetap bisa melakukan perjalanan ke Karimunjawa dengan menuju Kabupaten Jepara terlebih dahulu. Di kabupaten Jepara akan ada 2 kapal feri (Express Bahari dan Siginjai) yang memiliki 1 jadwal keberangkatan tiap harinya. Tapi jika anda ketinggalan maka terpaksa anda harus menunggu keesokan harinya. Belum ada sistem online untuk membeli tiket sehingga sangat disarankan untuk antri dari subuh jika anda tidak mau kehabisan tiket.

WAKTU YANG TEPAT MENGUNJUNGI KARIMUNJAWA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kembali ke Atas