Tips Memilih Bentuk Atap Rumah

jenis atap rumah

Seperti yang kita tahu atap rumah ini memiliki bentuk model yang variatif. Nah untuk memilih bentuk atap yang tepat, Anda bisa mencari tahu hal-hal penting yang perlu diperhatikan, yakni:

Menyesuaikan Konsep Desain Rumah

Memilih bentuk atap rumah tentunya harus disesuaikan dengan konsep desain rumah itu sendiri. Dengan begitu, Anda bisa menciptakan desain dan konsep rumah yang ideal.

Pilihlah bentuk atap yang cocok dengan desain rumah yang Anda rencanakan. Semisalnya untuk konsep bangunan rumah yang sederhana dan lega, Anda bisa memilih bentuk atap perisai.

Contoh lainnya ada atap berbentuk kupu-kupu atau trapisium yang cocok diaplikasikan pada bangunan kontemporer modern.

Jika Anda bingung dalam menyesuaikan bentuk atap dengan konsep rumah yang diinginkan, Anda bisa mengkonsultasikannya pada ahlinya.

jenis atap rumah

Nilai Estetika

Memilih bentuk atap rumah sesuai dengan konsep dan desain rumah, artinya Anda perlu memperhatikan nilai keindahan atau estetika bentuk atap itu sendiri.

Atap menjadi bagian yang sangat kuat dan tidak luput dari perhatian orang sekitar saat menatap bangunan rumah.

Untuk itu, Anda harus lebih jeli dalam memilih bentuk atap, bukan hanya untuk nilai keindahan tetapi juga kenyamanan pemilik rumah. Apalagi saat ini, ada banyak sekali jenis dan bentuk atap rumah yang bisa Anda temukan.

Sekalipun Anda diharuskan untuk fokus dalam memilih atap rumah sesuai faktor keindahan, tetapi Anda pun tidak boleh lepas memperhatikan aspek lain untuk menciptakan kenyamanan dan keamanan bangunan rumah.

Pilih Atap yang Kuat

Selain faktor keindahan yang harus Anda perhatikan dalam memilih bentuk atap rumah, bagian lain yang tidak kalah penting untuk dipertimbangkan ialah pemilihan jenis atap yang kuat. Pilihlah jenis dan bentuk atap yang memiliki potensi penggunaan lebih lama.

Apabila Anda membeli produk atap, sebaiknya perhatikan masalah garansinya. Umumnya produk yang disertai dengan garansi menunjukkan seberapa bagus kualitas yang dimiliki produk tersebut.

Kebanyakan produsen atap memberlakukan garansi selama 15 tahun, tetapi hal ini kembali lagi pada tiap merk yang Anda pilih.

Pilih Perawatan Atap yang Mudah

Tips memilih atap rumah selanjutnya yang perlu Anda perhatikan ialah terkait perawatan atap itu sendiri.

Untuk itu, pilihlah jenis dan bentuk atap yang tidak membutuhkan perawatan atau setidaknya pilih atap dengan perawatan mudah. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar Anda tidak perlu kesulitan atau repot dalam membersihkannya.

Pemasangan Atap

Bentuk atap rumah memang sangat variatif, mulai dari model atap untuk rumah modern, minimalis, kontemporer dan lain sebagainya. Umumnya atap modern ini memiliki tampilan estetik dan unik, tetapi terkadang dalam pemasangannya cukup sulit dilakukan.

Oleh sebab itu, dalam memilih bentuk atap jangan terlalu mengutamakan faktor keindahan saja. Alangkah baiknya memilih jenis atap yang mudah dipasang (instalasi).

Jenis atap yang memiliki pemasangan atau instalasi mudah, nantinya dapat memudahkan Anda juga dalam mengganti atau memperbaiki masalah atap.

Tentunya ketika memasang atap pastikan anda menggunakan tukang / pemborong yang berpengalaman agar pengerjaan rapi dan cermat. Jika anda berlokasi di Jawa Tengah, gunakan jasa pemborong Semarang yang terpercaya yang anda kenal.

Pemasangan atap sangat berpengaruh pada fungsional itu sendiri, jika dipasang dengan asal, atap rumah Anda bisa bermasalah dan mengakibatkan bocor. Tentu Anda tidak ingin hal tersebut terjadi pada tempat tinggal yang Anda huni.

Demikianlah pembahasan mengenai tips memilih bentuk rumah untuk tempat tinggal Anda.

Tips Memilih Bentuk Atap Rumah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas