Hal-hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Rafting

Arung jeram merupakan kegiatan olahraga yang memacu adrenalin. Olahraga ini berlangsung di sungai yang memiliki arus cukup deras namun tetap memberikan keamanan saat rafting.

Salah satu spot rafting yang bisa dipilih adalah di Bogor yang memiliki banyak tempat yang bisa digunakan untuk rafting. Namun, saat akan melakukan arung jeram, Anda juga harus memperhatikan keselamatan agar petualangan dan pengalaman arung jeram Anda bisa menyenangkan.

Jika anda ingin melakukan rafting Cisadane di Bogor, maka beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut:

1. Kenakan peralatan keselamatan

Tips pertama yang harus diperhatikan saat rafting adalah selalu gunakan safety gear. Arus sungai biasanya sangat deras sehingga akan berbahaya jika tidak menggunakan perlengkapan keselamatan saat melakukan olahraga ini. Agar tetap aman, pastikan selalu menggunakan perlengkapan keselamatan seperti helm yang mampu melindungi kepala.

Agar anda tidak terluka dan terluka saat terjatuh dari rangka kepala. Selain itu, gunakan juga jaket pelampung dan papan dayung. Pastikan untuk memakai semua peralatan keselamatan yang disediakan untuk tetap aman selama arung jeram.

2. Kenakan pakaian yang sesuai

Tips selanjutnya saat rafting adalah memakai pakaian yang sesuai. Misalnya, pilihlah pakaian yang tidak menyerap air, agar tidak mengganggu dan tetap nyaman meski terjatuh ke sungai. Oleh karena itu, pakaian yang mengandung wol, poliester, bulu mikro, dan bahan lain yang mudah menyerap air harus dihindari.

Juga, pastikan untuk menggunakan sepatu yang melindungi kaki Anda. Misalnya menggunakan sandal gunung yang tidak mudah lepas saat digunakan dan menggunakan bahan karet yang tidak licin.

3. Hati-hati dengan mendayung

Tips selanjutnya yang perlu diperhatikan saat rafting atau arung jeram adalah memperhatikan teknik mengayuh yang benar. Untuk bisa mengayuh dengan baik, kuncinya adalah mengetahui seberapa jauh mengayuh. Sehingga anda dapat menggunakan teknik mendayung yang tepat agar tidak mudah lelah.

Jika ingin mendayung untuk perjalanan jauh biasanya harus memperhatikan cara memegangnya dengan benar. Agar tangan tidak mudah lelah saat mendayung dan juga tidak mudah terjatuh akibat salah mendayung.

4. Ikuti saran pemandu

Tip keselamatan selanjutnya adalah dengan mengikuti berbagai petunjuk yang berasal dari pemandu. Karena dengan pengalaman, pemandu pasti tahu apa yang harus dilakukan. Oleh karena itu, ikutilah tips dan petunjuk dari instruktur profesional saat rafting.

Sehingga mampu mengurangi resiko berbagai hal yang tidak diinginkan seperti kapal terbalik, cidera peserta, serta salah arah. Inilah mengapa Anda tidak boleh membuat keputusan sendiri dan selalu mendengarkan kata-kata pemandu.

Hal-hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Rafting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas