Cara memilih layanan jasa penerjemah tersumpah

Era globalisasi seperti saat ini sudah memungkinkan kita untuk berinteraksi dan berkolaborasi dengan orang-orang dari seluruh dunia. Kemajuan teknologi digital juga memudahkan untuk menghubungkan komunikasi lintas negara satu sama lain.

Untuk memperlancar kerjasama antar negara, setidaknya Anda membutuhkan pihak ketiga untuk memperlancar komunikasi. Salah satu solusinya adalah dengan meminta jasa penerjemah tersumpah.

Apa itu jasa penerjemah tersumpah?

Saat mendapatkan beasiswa di luar negeri, misalnya, biasanya ada persyaratan dokumen tertentu yang ditulis dalam bahasa mereka. Dokumen seperti ijazah asli dan transkrip nilai dalam bahasa Indonesia.

Belum lagi apakah ada masalah komersial. Jika Anda memilih penerjemah tersumpah yang salah, Anda berisiko gagal menegosiasikan proyek tersebut.

Penerjemah tersumpah adalah seorang ahli bahasa yang telah lulus beberapa ujian kualifikasi penerjemahan dan memiliki skor minimal 80.

Nantinya, setelah lolos kualifikasi, mereka akan diberikan sertifikat yang dikeluarkan oleh Ikatan Penerjemah Indonesia.

Oleh karena itu, setelah menjalani berbagai prosedur tersebut, mereka dapat menjadi penerjemah tersumpah resmi dan dapat membuka jasa.

Apa perbedaan antara penerjemah biasa dan penerjemah tersumpah?

Penerjemah biasa biasanya menerjemahkan untuk hal-hal yang tidak ada hubungannya dengan legalitas. Misalnya untuk menerjemahkan suatu produk atau film.

Selain perbedaan dengan gelar resmi dan sertifikasi dari pemerintah, perbedaan antara penerjemah tersumpah berasal dari bidang penerjemahan di mana mereka bekerja. Misalnya, mengerjakan dokumen yang berkaitan dengan legalitas.

Tips memilih jasa penerjemah tersumpah

Ada beberapa tips yang bisa Anda coba sebelum mencari penerjemah tersumpah untuk membantu Anda lebih percaya diri dalam memilih.

1. Pencarian Internet

Sekarang semuanya online, Anda juga dapat memanfaatkan banyak situs web yang dapat Anda kunjungi saat Anda mengetik “pilih penerjemah tersumpah” ke dalam mesin pencari.

Akan ada banyak pilihan, tetapi Anda juga harus berhati-hati dalam memilih jasa yang dapat diandalkan untuk menerjemahkan dokumen Anda.

Penting untuk mengetahui apakah penyedia jasa berlisensi dan terdaftar di badan resmi Abadan.

2. Memiliki kantor domisili resmi

Domisili kantor adalah metrik prioritas yang menunjukkan bahwa penyedia jasa penerjemah beroperasi dengan baik.

Karena tanpa rumah kantor juga bisa menimbulkan keraguan akan legalitas operasionalnya. Apalagi mengingat dokumen yang akan diterjemahkan merupakan dokumen penting.

Memiliki kantor juga menunjukkan bahwa pejasanya profesional. Banyak juga penyedia jasa yang hanya mengandalkan virtual office sehingga menyulitkan pengguna jasa.

3. Sertifikat

Penerjemah tersumpah yang andal bukan hanya tentang memiliki situs web profesional dengan jasa yang baik. Itu juga harus disetujui oleh pemerintah.

Anda harus berhati-hati jika penerjemah belum mendapatkan sertifikat resmi, karena ini adalah salah satu persyaratan wajib.

Biasanya ahli bahasa harus lulus tes kualifikasi penerjemah dan dilantik oleh pemerintah setempat. Anda baru saja mendapatkan sertifikat resmi dan Anda dapat membuka jasa penerjemah tersumpah. Jadi Anda dapat meminta mereka untuk menunjukkan kesaksian mereka.

4. Testimoni konsumen

jasa penerjemah profesional biasanya menawarkan contoh dokumen asli selain penerjemah. Perhatikan juga bagaimana struktur kalimatnya.

Anda juga dapat mencari jasa yang memiliki sertifikasi baik atau tidak. Jika rekam jejaknya bagus, Anda juga bisa mempertimbangkan untuk memilihnya.

Review konsumen sangat membantu Anda mengetahui tingkat kepuasan pelanggan yang telah mencoba jasanya.

5. Pastikan kerahasiaan dokumen

Penerjemah tersumpah harus menjamin kerahasiaan dokumen klien. Dokumen yang diterjemahkan dan legal umumnya penting dan melibatkan proyek-proyek besar.

Jangan sampai isinya bocor ke publik, jadi pastikan penyedia jasa Anda berani menjamin kerahasiaan dokumen 100%.

Cara memilih layanan jasa penerjemah tersumpah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas