Tips-Tips Memilih Songkok Berkualitas

Bagi orang Melayu memakai peci sudah menjadi sebuah kewajiban, entah untuk bepergian dalam acara resmi maupun tidak resmi, peci selalu melekat sebagai salah satu pakaian wajib yang digunakan di kepala. Dalam masyarakat Bugis awalnya peci atau songkok dipakai oleh para bangsawan-bangsawan Bugis tetapi seiring perkembangan waktu kalangan menengah bawah pun mulai memakai songkok seperti para bangsawan bugis. Sampai akhirnya di Indonesia peci masuk sebagai pakaian nasional. Songkok tidak hanya populer di Indonesia saja, khususnya yang orang-orang Melayu yang tersebar di Malaysia, Brunei, Singapura dan Thailand memakai peci untuk acara-acara tertentu. Bahkan tentara di Brunei diwajibkan memakai pada acara-acara tertentu.
Berikut ini cara memilih songkok yang berkualitas. Jangan asal memilih ya karena songkok yang berkualitas terjamin kenyamanan dan keawetannya. Kita ulas di bawah ini cara memilih songkok yang berkualitas.

  1. Bahan
    Songkok berkualitas dibuat dari bahan yang keras dan tidak mudah ditekuk. Bahannya tebal merupakan poin pertama dalam milih songkok yang berkualitas. Songkok yang lentur dan mudah ditekuk mempunyai kualitas yang rendah.
  2. Harga
    Hampir semua orang mempunyai pikiran kalau harga mahal secara otomatis barang tersebut bagus, tetapi hal itu belum tentu lho. Poin kedua adalah melihat kualitas bahan terlebih dahulu secara otomatis harga akan mengikutinya. Telitilah melihat bahannya jangan berfokus pada harga yang tertera.
  3. Fisik Songkok
    Songkok yang berkualitas dari segi kerapihannya jelas terlihat secara kasat mata. Pinggirannya rapi tanpa ada serabut-serabut benang. Berbahan kaku keras dan tidak mudah dilipat-lipat.

Bagi masyarakat Melayu memakai songkok sudah menjadi tradisi dan masuk pakaian wajib. Untuk berpergian ke acara resmi baik atau pertemuan-pertemuan tertentu hampir kesehariannya memakai songkok. Semoga ulasan di atas membantu Anda dalam memilih songkok yang berkualitas, jika Anda mencari tempat bikin songkok yang berkualitas silakan ke tempatbikinseragam.com. Kami telah melayani pembuatan songkok dalam berbagai model. Model-model songkok memang berbeda-beda, dari segi ukuran dan penambahan aksesoris seperti bordir. Dahulu model songkok masih polos dengan warna hitam pekat polos berbahan beludru.

Tips-Tips Memilih Songkok Berkualitas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kembali ke Atas