Mengenal Komponen Kulkas dan Belajar Service Kulkas Sendiri

Kulkas anda sering bermasalah? Kulkas anda tidak dingin? Artikel dari service ac Jakarta ini akan menjelaskan belajar service kulkas agar anda dapat memperbaiki kerusakan pada kulkas anda sendiri.

Belajar service kulkas sebenarnya gampang-gampang sulit. Kulkas adalah alat elektronik yang berfungsi sebagai pendingin. Kulkas menggunakan refrigerant (bahan pendingin) sehingga kulkas di rumah anda bisa dingin.

Pelajari Komponen yang Ada Pada Kulkas

Kulkas terdiri dari beberapa komponen penunjang, berikut lain komponen yang ada di kulkas :

  1. Compressor

Alat ini berfungsi memompa refrigerant ( bahan pendingin). Compresor dilengkapi piston untuk memompa gas ke kondensor,filter,pipa kapiler,evaporator lalu dihisap kembali ke Compressor . apabila kulkas anda tidak dingin sama sekali maka anda bisa mengecek komponen ini, komponen ini berbentuk agak bulat terletak di belakang kulkas dan biasanya berwarna hitam.

  1. Positif tempereratur coefficient

Untuk belajar service kulkas selanjutnya, pahami Positif tempereratur coefficient yang menempel di pin Compressor dan berbentuk kotak kecil. Alat ini berfungsi sebagai penghubung kumparan starting dan runing. Positif tempereratur coefficient alat ini dapat membuat listrik yang dikonsumsi oleh kulkas menjadi lebih irit. Ciri kerusakan pada alat ini adalah kulkas anda tidak dingin karna Compressor tidak akan bekerja karena panas.

  1. Thermostant

Alat ini berfungsi mengatur kerja pada setiap bagian kulkas, alat ini bekerja sesuai perintah alat pengatur suhu. Kerusakan pada alat ini ditandai dengan ciri kulkas yang tidak dingin atau terlalu dingin, gangguan pada Thermostant diakibatkan karena putus/tidak mau putus arus ke compressor.

  1. Fan motor

Alat ini berfungsi untuk menghembuskan angin dan mendinginkan kompresor. Pada kulkas ada dua jenis fan yaitu fan evaporator yang berfungsi untuk menghembuskan udara dingin ke seluruh bagian kulkas, dan fan kondensor yaitu kipas yang ada di bagian bawah kulkas. Jika kulkas anda dingin tapi tidak bisa beku, anda bisa mengecek alat ini.

  1. refrigerant ( bahan pendingin)

Untuk belajar service kulkas selanjutnya, refrigerant zat ini berfungsi sebagai bahan pendingin, zat ini mudah diubah wujudnya dari gas menjadi cair ataupun sebaliknya. Apabila kulkas anda mati dan tidak dingin sama sekali anda juga bisa mengecek refrigerantnya. Barangkali refrigerantnya habis, anda bisa mengganti atau menambahnya.

Demikianlah artikel tentang Mengenal Komponen Kulkas dan Belajar sevice kulkas sendiri.Terimakasih sudah membaca artikel ini sampai akhir. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda yang sedang mencari tahu tentang service kulkas.

Mengenal Komponen Kulkas dan Belajar Service Kulkas Sendiri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kembali ke Atas