CARA MENGGUNAKAN DAN MERAWAT TIMBANGAN LABORATORIUM

Cara penggunaan timbangan lab, baik analog maupun digital, secara umum sudah dijelaskan di buku panduan produk. Namun kali ini kita akan sedikit membahas tentang bagaimana timbangan lab digital digunakan secara umum.
Tahapan penggunaan timbangan laboratorium

Jika Anda menggunakan timbangan lab, duduklah dengan nyaman dan siapkan timbangan lab.

Perhatikan timbangan lab yang akan anda gunakan, karena mungkin ada orang yang belum terbiasa menggunakan timbangan lab baru.

Nyalakan timbangan laboratorium dengan menekan tombol power. Jika tidak dapat menyala, Anda mungkin lupa menghubungkan catu daya ke listrik. Pertama, periksa apakah catu daya timbangan laboratorium terhubung ke sumber listrik.

Setelah menyalakan timbangan laboratorium, tunggu hingga posisi angka menjadi stabil (nol). Dalam beberapa kasus, timbangan lab tidak menunjukkan angka nol, sehingga pengaturannya menjadi nol lagi dengan melihat buktinya.

Bersiaplah untuk beban. Jika Anda menggunakan timbangan laboratorium dengan pelindung, buka pintu pelindung terlebih dahulu sebelum meletakkan bahan di piring.

Letakkan bahan di atas pelat timbang laboratorium dengan hati-hati, letakkan bahan sedikit demi sedikit. Ingatlah bahwa skala lab Anda memiliki batas. Jangan meletakkan bahan yang melebihi kapasitas maksimum timbangan laboratorium, karena dapat merusak timbangan laboratorium Anda.

Setelah meletakkan zat di atas pelat timbang di lab, tunggu beberapa saat hingga angkanya mengendap. Amati dan catat massa bahan yang baru saja kita timbang.

Setelah penimbangan selesai, ada baiknya untuk mengeluarkan zat atau bahan dari piring penimbangan laboratorium, agar timbangan selalu kosong saat tidak digunakan.

Bersihkan timbangan analitik dengan sikat kecil sebelum meninggalkannya.

Jika Anda menggunakan timbangan laboratorium dengan penutup, tutup pintu pelindung sebelum meninggalkan timbangan laboratorium.

Cara merawat timbangan laboratorium

Cara merawat timbangan lab itu mudah, dan bisa dilakukan oleh pekerja lab, peneliti, atau bahkan anak sekolah. Mengapa kita perlu menjaga keseimbangan lab? Karena dengan memperhatikan karakteristik laboratorium kami, kami berkontribusi dalam pemeliharaan dan pengembangan laboratorium kami.

Perawatan timbangan lab yang paling mudah adalah dengan membersihkannya setelah digunakan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menangani timbangan laboratorium, yaitu:

  • Letakkan timbangan lab di atas bangku atau permukaan datar, coba lakukan ini untuk hasil terbaik.
  • Dilarang menjatuhkan bahan secara berlebihan ke dalam timbangan laboratorium, meskipun berat bahan masih dalam batas pengukuran.
  • Dilarang meletakkan bahan kimia atau bahan kimia berbahaya langsung di atas papan timbang di laboratorium. Gunakan wadah lain untuk menampung terlebih dahulu.
  • Jika bahan yang akan Anda timbang sangat panas (terlalu panas atau terlalu dingin), tunggu hingga mencapai suhu ruangan atau normal.
  • Gunakan sikat keras saat membersihkan timbangan lab.
  • Sering memindahkan atau memindahkan timbangan lab ke sana kemari.
CARA MENGGUNAKAN DAN MERAWAT TIMBANGAN LABORATORIUM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kembali ke Atas