Tips mempelajari coding bahasa pemrograman tertentu

Coding adalah sesuatu yang berkaitan erat dengan bahasa pemrograman. Coding adalah sebuah aktivitas menyusun serangkaian kode yang didasarkan pada sistem suatu bahasa pemrograman. Fungsi dari coding ini adalah memberikan instruksi khusus kepada komputer untuk melakukan fungsi-fungsi yang diinginkan.

Sebuah bahasa pemrograman biasanya mempunyai beberapa apa aturan sintaks dan juga semantik. Tujuannya adalah untuk membantu komputer mendefinisikan perintah yang diberikan agar program yang dibuat bisa berjalan dengan baik. Saat ini materi belajar coding untuk pemula yang ditawarkan di beberapa kursus bahasa pemrograman meliputi pembelajaran untuk php, c, java, c + +, python, javascript, c #, dan visual basic.

Setiap bahasa pemrograman diatas digunakan untuk membuat program yang berbeda. Sebagai contoh jika anda hendak membuat sebuah aplikasi pada perangkat android maka anda bisa menggunakan bahasa pemrograman java. Sedangkan jika anda ingin membuat aplikasi pada perangkat yang dikembangkan oleh apple anda bisa menggunakan bahasa pemrograman swift.

Jadi jangan salah memilih bahasa pemrograman yang akan anda pelajari jika anda sudah mempunyai tujuan tertentu dalam belajar coding. Yang sering menjadi masalah dari belajar coding adalah orang-orang tidak mengetahui apa tujuannya mempelajari sebuah bahasa pemrograman.

Mereka cuma mau membuat sebuah website yang sederhana namun merepotkan dirinya dengan mempelajari php. Tentu tidak ada salahnya mempelajari php namun itu berlebihan untuk tujuan yang diinginkan orang tersebut. Bahasa pemrograman yang anda pelajari sangat menentukan karir program yang akan anda jalani.

Anda bisa menjadi seorang programmer, webdeveloper, android developer, atau developer lainnya. Tapi bukan berarti anda hanya akan mempelajari html atau css saja jika anda ingin membuat sebuah website. Jika anda sudah menguasai kedua bahasa ini maka selalu terbuka peluang untuk mempelajari bahasa-bahasa pemrograman yang lainnya.

Anda harus konsisten dalam mempelajari bahasa-bahasa pemrograman ini dan rutin melakukan latihan untuk mengembangkan perspektif dan sudut pandang anda dalam memecahkan masalah. Semakin anda menguasai suatu bahasa pemrograman maka akan semakin pendek pula perintah-perintah yang anda buat untuk menyelesaikan suatu masalah.

Jika anda benar-benar ingin mencapai keterampilan yang tinggi dalam memakai bahasa pemrograman maka sebaiknya anda melatih bahasa inggris anda terlebih dahulu. Kenapa tanda tanya hal itu dikarenakan ada banyak sekali literatur pembelajaran coding yang berkualitas tinggi yang hanya bisa anda temukan dalam bahasa inggris.

Dengan memakai bahasa inggris maka anda akan bisa mengembangkan kemampuan coding anda hingga ke tahapan internasional. Market internasional sangat besar dan mempunyai bayaran yang sangat baik untuk seorang programmer dibandingkan market dalam negeri.

Untuk anda yang tertarik belajar programming kami sangat merekomendasikan untuk mengikuti kursus pemrograman atau kursus coding yang sudah mempunyai materi pembelajaran yang terstruktur. Ini akan membantu anda mendapatkan pondasi pengetahuan yang kuat sebelum anda mulai melakukan coding.

Kursus pemrograman ataupun kursus coding ini akan memberikan anda banyak contoh-contoh kasus yang bisa anda pelajari untuk meningkatkan skill dari coding anda. Anda tidak perlu kuatir karena biasanya kursus bahasa pemrograman ini ditawarkan dengan harga yang sangat terjangkau untuk pemula.

Tips mempelajari coding bahasa pemrograman tertentu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kembali ke Atas