Sejarah bola voli di dunia dan Indonesia termasuk aturan mainnya

Sejarah bola voli di dunia dan Indonesia termasuk aturan mainnya yang wajib anda tahu jika mengaku penggemar berat olahraga yang satu ini. Setiap dari kita pasti mengenal olahraga bola voli, Meskipun mungkin kita tidak bisa memainkannya. Olahraga voli merupakan jenis permainan yang secara standar dilakukan oleh 12 orang. Masing-masing tim terdiri dari 6 orang atau sedikitnya 5 orang. Biasanya dalam olahraga voli terdiri dari 5 set di mana masing-masing zat terdiri atas 25 poin. Ada juga format dua kali kemenangan sehingga total maksimal set yaitu 3 kali.

Sejarah awal ditemukan bola voli

Olahraga bola voli pertama kali diciptakan oleh William G. Morgan pada tahun 1895. Olahraga ini diciptakan Morgan 4 tahun setelah penemuan permainan bola basket oleh naismith.

Awal penemuannya William G. Morgan sebenarnya terinspirasi dari permainan bola basket yang ditemukan oleh naismith tersebut. Bola voli bisa dikatakan merupakan sebagai permainan yang menggabungkan antara 4 jenis olahraga yang berbeda termasuk permainan basket tenis bola tangan dan baseball.

William G. Morgan awalnya menciptakan permainan bola voli pada tahun 1985 tepatnya pada tanggal 9 Februari hanya diperuntukkan bagi para anggota young mens christian association atau yang lebih dikenal dengan nama ymca.

Permainan bola voli meskipun hampir mirip dengan basket akan tetapi dianggap lebih ringan sehingga bisa dimainkan oleh siapa saja di segala usia. Permainan bola voli juga bisa dimainkan secara indoor atau outdoor dan permainannya pun juga sangat simple.

Morgan awalnya menciptakan permainan bola voli untuk young man christian association karena dia awalnya juga menempuh pendidikan di sana. Terlebih lagi sosok yang dikaguminya James naismith yang menjadi penemu bola basket juga merupakan kakak kelas dari Morgan.

Sehingga dari sinilah morgan terinspirasi dengan apa yang telah dilakukan oleh James naismith dengan menemukan olahraga baru yaitu bola voli. Ti tahun 1895 William G. Morgan mendapat jabatan sebagai seorang direktur pendidikan jasmani di Young Mens Christian Association di Massachusetts tersebut. Bahkan hingga akhir hayatnya William G. Morgan telah mengabdikan dirinya di pendidikan jasmani.

Perubahan dalam bola voli

Sejarah bola voli berlanjut ketika olahraga yang satu ini berganti nama dari mintonette menjadi volleyball. Sebenarnya ketika awal morgan menemukan olahraga ini namanya dulu bukan bola voli melainkan mintonette.

Hingga pada tahun 1896 Morgan mengganti nama tersebut menjadi volleyball, monem ini ini juga bertepatan dengan pertandingan pertama internasional YMCA training school.

Dalam pertandingan tersebut morgan bukan hanya mengubah nama permainan ini menjadi bola voli tetapi juga menjelaskan mengenai aturan olahraga yang baru ditemukan nya tersebut. Morgan menjelaskan bahwa permainan bola voli bisa dilakukan oleh setidaknya 5 orang atau lebih.

Sejarah bola voli di Indonesia 

Sejarah bola voli di Indonesia pertama kali dimulai pada tahun 1928, dimana permainan ini masuk ke Indonesia pada waktu negara kita masih dijajah oleh Belanda. Pada waktu awal permainan bola voli dikenalkan di Indonesia permainan ini tentu tidak setenar seperti saat ini.

Pada awalnya permainan bola voli sering dimainkan oleh para tentara di asrama mereka, dan menjadi salah satu olahraga rutinan. Setelah itu perkembangan permainan bola voli di Indonesia cukup besar dan permainan ini sering dimainkan oleh beberapa orang. Bahkan pada waktu itu sudah mulai banyak dibuat klub klub voli terutama di kota-kota besar di Indonesia.

Induk olahraga bola voli baru pertama kali dibuat pada tanggal 22 Januari tahun 1955 dengan nama PBVSI atau persatuan bola voli seluruh Indonesia. Di tahun yang sama pertandingan bola voli pertama kalinya juga digelar di Indonesia yang menandakan bahwa olahraga ini sudah cukup menyebar luas di negara kita tercinta ini.

Ukuran lapangan bola voli

Mengetahui ukuran lapangan bola voli sangat penting sekali teutama bagi anda yang ingin bermain olahraga yang satu ini. Permainan bola voli pakan di sebuah lapangan dengan bentuk persegi panjang. Lapangan bola voli standar memiliki panjang setidaknya 18 m dan lebar 9 m. Untuk lebar garis Serang dalam lapangan voli yaitu sekitar 3 meter dari garis tengah. Sedangkan untuk garis tepinya memiliki ukuran 5 m.

Sedangkan ukuran net yang digunakan dalam permainan bola voli putra memiliki tinggi 2,43 m sedangkan untuk putrinya 2,24 m. Sedangkan untuk lebar net yang digunakan pada pertandingan bola voli putra dan putri secara umum tidak ada perbedaan.

Peraturan singkat permainan bola voli

  • Secara umum dalam tim bola voli terdiri dari 6 orang pemain utama dan 4 lainnya sebagai pemain cadangan.
  • Sedangkan jumlah minimal pemain bola voli yaitu 4 orang.
  • Jika sebuah tim bola voli memiliki pemain kurang dari 4 orang karena cedera atau kartu merah maka tim tersebut akan dinyatakan kalah secara otomatis.
  • Berbeda dengan pertandingan sepak bola dalam bola voli pergantian pemain lebih bebas dan pemain yang keluar diperbolehkan masuk kembali.
  • Sistem yang digunakan dalam permainan bola voli ada dua jenis yaitu format tiga kali kemenangan dan dua kali kemenangan.
  • Dalam satu set atau game dalam permainan bola voli biasanya terdiri dari 25 poin.

Demikian tadi ulasan mengenai sejarah permainan bola voli serta ukuran lapangannya yang perlu Anda ketahui, semoga informasi diatas bisa berguna bagi anda.

Sejarah bola voli di dunia dan Indonesia termasuk aturan mainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kembali ke Atas