7 Contoh Usaha Jajanan Rumahan Yang Bisa Anda Coba

Zaman sekarang banyak orang yang semakin kreatif saja membuka peluang usaha. Tidak hanya orang bermodal besar dan mampu menyewa toko saja yang membuka usaha, orang-orang yang bermodal minim pun juga banyak yang mencoba mendirikan bisnis yang sesuai dengan kemampuannya. Yaitu jenis usaha berbentuk usaha rumahan

Jika tidak punya modal untuk menyewa toko, maka mereka tidak kehilangan akal. Mereka tetap bisa buka usaha kecil-kecilan dirumahnya.

Nah jenis usaha apakah yang cocok untuk dibuka dirumah? Pada umumnya orang lebih memilih jenis usaha makanan ringan alias cemilan. Sebab makanan ringan pasti disukai oleh banyak orang, baik anak-anak maupun orang dewasa.

Berikut ini akan saya lampirkan beberapa daftar makanan ringan yang paling populer dijual pada usaha rumahan.

Diantaranya:

1. Jualan kue donat.

Kue donat termasuk salah satu jenis makanan ringan yang sangat populer. Selain karena rasanya yang sangat lezat dan manis, kue donat produk usaha rumahan ini harganya juga murah meriah.

Biasanya kue donat dibanderol seharga 2000 hingga 3000an rupiah per buah. Usaha rumahan kue donat ini biasanya mudah ditemukan. Ada orang yang jualan kue donat ini dari hasil mengolah sendiri dirumahnya, dan ada juga toko kue yang menerima secara jual titip (konsinyasi) kue donat buatan orang lain.

Jadi bisa dipastikan di tiap toko kue pada umumnya ada tersedia produk kue donat.

2. Berjualan kue risoles.

Produk usaha jajanan rumahan yang populer lainnya adalah kue risoles.

Kue ini biasanya ada yang berisi bihun, campuran wortel dan sayuran, dan ada juga yang berisi daging. Tentu risoles berisi daging harganya lebih mahal.

Yang jelas kue risoles ini termasuk jenis cemilan yang disukai oleh semua kalangan. Sehingga banyak usaha jajanan rumahan yang menjual kue yang satu ini.

3. Menjual puding telor mata sapi (ceplok).

Ada juga usaha jajanan rumahan yang menyediakan jenis makanan yang unik. Puding telor mata sapi adalah salah satu contohnya.

Puding ini dapat digunakan sebagai kudapan sarapan pagi. Cita rasanya yang sejuk ditenggorokan dan cukup mengenyangkan perut, sehingga banyak orang yang membeli jenis kudapan ini sebagai pengganjal perut sebelum berangkat kerja.

Puding ini harganya juga cukup murah meriah. Biasanya dibanderol seharga 5000an rupiah per porsinya.

4. Jualan es krim.

Nah kalau yang ini adalah jajanan abadi sepanjang masa. Es krim sudah ada sejak penulis masih kecil dulu. Bahkan sudah sejak orang tua penulis masih muda.

Es krim juga jajanan yang sangat digemari semua orang. Bukan hanya anak-anak, para orang tua pun banyak yang suka mengkonsumsi es krim.

Produk es krim buatan usaha rumahan biasanya harganya juga murah meriah. Salah satu faktor yang membuat harganya murah adalah karena sang penjual tidak menyewa toko untuk menjajakan produk es krimnya.

Sangat berbeda dengan produk es krim yang dijual di mall. Karena biaya sewa tempat usahanya tinggi, maka mau tidak mau biaya itu dibebankan kepada harga jual produknya.

Oleh karena itu, jualan es krim dirumah punya potensi besar untuk laku terjual, karena anda mampu menjualnya dengan harga yang relatif murah.

Produk es krim ini juga bisa dijadikan sebagai usaha sampingan dengan modal kecil. Karena anda bisa memulai usaha es krim ini dengan modal tidak sampai senilai 5 jutaan rupiah.

5. Jualan berbagai cemilan dengan bahan dasar buah.

Bagian kelima ini termasuk jajanan rumahan yang paling laris manis lainnya.

Cemilan dengan bahan dasar buah ini termasuk banyak variasinya. Termasuk di antaranya adalah jus buah, es buah, asinan buah, rujak, dll.

Cemilan buah ini sangat digemari orang karena rasanya yang sangat segar dan manis. Jika ingin menghilangkan dahaga, maka orang biasanya membeli es buah dan jus buah. Sedangkan jika ingin cuci mulut atau bagi ibu-ibu muda yang lagi ngidam, maka mereka sangat gemar dengan cemilan rujak dan asinan.

Harga cemilan dari bahan dasar buah ini juga termasuk murah harga per porsinya. Biasanya untuk jus buah dibanderol seharga 8 – 10 ribuan per gelas. Sedangkan untuk rujak dan asinan biasanya hanya dijual seharga 5 ribu rupiah saja. Bisnis cemilan buah ini paling cocok dibuka sebagai usaha sampingan untuk ibu rumah tangga.

6. Jualan cemilan keripik.

Keripik termasuk makanan ringan yang populer. Biasanya cemilan ini laris manis terjual ketika di momen hari-hari besar, seperti lebaran, natal dan tahun baru.

Cemilan keripik ini sangat banyak sekali variasi dan ragamnya. Ada keripik yang terbuat dari bahan dasar singkong, pisang, buah sukun, dll.

7. Jualan camilan makaroni.

Dahulu makaroni ini lebih srseri digunakan untuk campuran bahan membuat sop. Namun belakangan ini makaroni juga sering dibuat dan diolah untuk camilan ringan.

Untuk camilan, maka makaroni tersebut di olah dengan cara di goreng. Rasanya gurih dan renyah seperti rasa kerupuk.

Biasanya makaroni ini dikemas dalam kemasan plastik dan dijual dengan harga murah meriah. Pada umumnya hanya dijual seharga 1000an saja per buahnya.

Camilan makaroni ini biasanya banyak dijual di warung-warung kelontong rumahan, warung kopi, dan warteg.

Nah itulah diatas daftar usaha jajanan rumahan menjanjikan ditahun 2020 ini. Jadi jenis usaha jajanan rumahan manakah yang akan Anda pilih? 😊

7 Contoh Usaha Jajanan Rumahan Yang Bisa Anda Coba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kembali ke Atas