Sertifikat ISO Memudahkan Penetrasi Pasar Baru

Pada saat anda ingin bersaing di pasar internasional tentunya anda memerlukan banyak hal untuk membantu anda memperkenalkan produk anda di pasaran. Market saat ini ini menentukan kualitas dari produk atau barang dan jasa yang akan mereka beli. Jadi jika kita tidak bisa meyakinkan konsumen akan kualitas dari produk ataupun barang dan jasa yang kita tawarkan, maka akan sangat sulit melakukan penetrasi pasar.

Apa yang bisa dilakukan untuk meyakinkan konsumen kita bahwa kita mempunyai produk yang berkualitas? Hal yang paling mendasar adalah mengemas sebaik mungkin produk yang akan kita tawarkan ke pasar. Banyak orang yang membeli suatu produk hanya karena tertarik dengan kemasan dari produk tersebut. Jikalau kemasan dari produk anda terlihat murahan, maka biasanya produk tersebut akan sulit menarik minat masyarakat untuk membeli.

Masyarakat akan berpikir; jika kemasannya saja seperti itu bagaimana kira-kira kualitas dari isinya? Jadi sangat penting untuk memperhatikan desain dari kemasan produk anda. Hal lain yang bisa menunjang agar produk anda bisa mendapatkan kepercayaan dari pembeli adalah dengan mendapatkan sertifikat ISO untuk produk tersebut. Sertifikat ISO 9000 adalah sebuah sertifikat yang sudah menjadi standar mutu untuk produk barang ataupun jasa saat ini.

Jika produk ataupun jasa yang anda tawarkan sudah mendapatkan sertifikat ISO 9000 ini, maka biasanya masyarakat akan lebih mudah mempercayai bahwa produk ataupun jasa anda memang berkualitas. Yang menjadi masalah adalah tidak semua pembeli akan mencari tahu apakah produk anda sudah mendapatkan sertifikat ISO. Jadi kebanyakan pembeli mungkin tidak akan menyadari bahwa produk anda sudah mendapatkan sertifikat ISO.

Apa yang bisa anda lakukan untuk menyadarkan masyarakat bahwa produk anda sudah mendapatkan sertifikat ISO? Hal yang sering dilakukan oleh produsen adalah melampirkan di dalam iklan-iklan mereka bahwa produk yang mereka tawarkan sudah mendapatkan sertifikat ISO. Baik itu sertifikat ISO 9001 ataupun sertifikat ISO 14001. Masyarakat akan lebih mudah menyadari bahwa produk anda sudah mendapatkan sertifikat ISO jika anda memberikan keterangan ini di dalam iklan anda.

Kenapa sertifikat ISO ini bisa menjadi jaminan bagi masyarakat bahwa suatu produk sudah memenuhi suatu standar kualitas internasional? Hal ini dikarenakan ISO sudah dikenal oleh masyarakat sebagai sebuah institusi yang menetapkan suatu standar tertentu bagi produk-produk tertentu. Jadi jikalau produk anda sudah mendapatkan sertifikat ISO, maka itu berarti bahwa produk anda memang sudah memenuhi standar standar kualitas yang menjadi tuntutan umum untuk produk tersebut.

Bagi anda yang ingin mendapatkan sertifikat ISO ini untuk perusahaan anda, maka anda bisa mengirimkan permohonan ke lembaga sertifikasi ISO untuk melakukan audit di perusahaan anda. Jika perusahaan anda bisa lolos dari semua kriteria prosedur wajib yang ditetapkan oleh lembaga sertifikasi ISO ini, maka perusahaan anda akan bisa mendapatkan sertifikat ISO ini. Anda bisa memasang sertifikat ISO ini di iklan-iklan anda selama 3 tahun kedepan. Ini bisa menjadi dorongan yang akan mempermudah bagi produk anda memasuki pasar pasar yang baru.

Sertifikat ISO Memudahkan Penetrasi Pasar Baru

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas