Konsep Rumah Tropis yang Cocok Diterapkan Di Indonesia

Konsep rumah tropis kini lebih banyak diminati dan seolah menjadi trend. Konsep rumah seperti ini sangat cocok diterapkan di Indonesia yang memang pada dasarnya sudah beriklim tropis. Konsep rumah tropis pun dibuat untuk menampung pencahayaan dari sinar matahari secara penuh.

Dari mulai pemilihan plafon, jendela dan pintu semuanya dibuat sedemikan rupa agar dapat menampung cahaya matahari dengan baik. Rumah tropis juga menyesuaikan dengan kelembaban iklim tropis yang terkadang melewati ambang batas dan cukup mengganggu. Bagi Anda yang mungkin tertarik untuk membuat rumah dengan konsep rumah tropis. Dibawah ini akan dipaparkan secara jelas mengenai konsep rumah tropis.

 

Pengertian rumah tropis

Rumah tropis adalah rumah yang memiliki elemen-elemen pembentuk dan bentuknya sangat cocok dengan daerah yang memiliki iklim tropis. Konsep utamanya adalah untuk mengoptimalkan manfaat dari iklim tropis dan mengurangi dampak negatif yang diberikan oleh jenis iklim tersebut. Oleh karena itu bisa dikatakan bahwa rumah tropis adalah rumah yang dapat beradaptasi dengan baik di daerah yang beriklim tropis.

Mungkin belum banyak yang mengetahui, apa sebenarnya daerah beriklim tropis itu. Daerah beriklim tropis adalah daerah yang terletak di 23 derajat lintang utara dan juga lintang selatan. Daerah berikilim tropis biasanya berada di sekitar atau dekat dengan garis katulistiwa.

konsep rumah tropis ini sangat cocok sekali untuk diterapkan di Indonesia. Mengingat Indonesia sendiri menjadi salah satu negara yang beriklim tropis dan dilewati langsung oleh garis katulistiwa. Negara yang beriklim tropis akan disinari matahari secara penuh dalam setahun. Hal ini lah yang menjadi potensi dan juga sekaligus menjadi salah satu kendala dari negara yang beriklim tropis.

Daerah yang beriklim tropis akan disinari matahari paling tidak selama 12 jam dalam sehari. Salah satu kekurangan daerah beriklim tropis adalah udara yang panas dikarenakan kelembaban udara yang cukup tinggi. Bahkan terkadang kondisi udara yang panas tersebut akan sangat mengganggu dan melebihi batas kenyamanan.

 

Prinsip dan ciri-ciri rumah tropis

Sama halnya dengan konsep rumah lainnya, konsep rumah tropis juga memiliki prinsip dan ciri tersendiri. Berikut ini adalah beberapa prinsip yang diterapkan pada rumah tropis :

  1. Rumah tropis akan memiliki volume atap yang lebih besar.
  2. Bukaan ventilasinya pun akan lebih diperbesar dengan tujuan agar volume udara yang masuk ke dalam rumah menjadi lebih banyak sehingga sirkulasi udaranya terjaga dengan baik.
  3. Ruangan juga ditata dengan lebih terbuka agar udara dapat bergerak dengan lebih bebas di dalam ruangan.
  4. Di dalam rumah atau di halaman rumah biasanya akan terdapat kolam kecil dengan tujuan untuk mengurangi suhu udara sehingga rumah menjadi lebih sejuk.
  5. Akan ada taman yang dibuat di area rumah, pada intinya rumah tropis akan banyak memiliki tanaman sebagai elemen pelengkap.

Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa ciri-ciri rumah tropis adalah rumah yang memiliki tritisan atap lebar dengan tujuan untuk menghindari tampias. Ciri lainnya adalah rumah dibuat dengan atap yang memiliki kemiringan yang cukup curam untuk menghindari adanya rembesan air pada saat hujan deras.

Dan ciri yang terakhir adalah ventilasi dan jendela dibuat dengan jumlah dan ukuran yang cukup agar udara di dalam rumah menjadi sejuk karena adanya sirkulasi udara yang baik. kenali konsep dan ciri tersebut agar Anda bisa menemukan rumah dengan konsep rumah tropis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *